Didik Nini Thowok (Foto: IG @didikninithowok)
Didik Nini Thowok (Foto: IG @didikninithowok)

Nama penari dan koreografer terkenal Didik Nini Thowok mendadak menjadi perbincangan lagi di media sosial.  

Maestro dalam bidang seni tari ini rupanya baru saja sukses membuat banyak pihak terpikat. Pasalnya, Didik Nini Thowok baru saja meng-cover dance Lathi yang belakangan ini viral.  

Baca Juga : Eks Menag Ganti Lirik Balonku dengan Tema Netizen, Warganet: KPK Mana KPK? Dooor!

Tarian tersebut muncul setelah lagu berjudul Lathi yang dinyanyikan Sara Fajira rilis dan menjadi viral.  Dalam dance Lathi ini, diperlihatkan seseorang yang awalnya berwajah biasa mendadak berubah seram.  

Dance Lathi Didik tersebut dia unggah melalui akun Instagram-nya pada Rabu (24/6/2020). Dalam caption-nya, Didik menjelaskan bahwa Lathi bukanlah lagu untuk memuja setan.  Ia mengatakan Lathi merupakan bahasa Jawa.  

Dalam video berdurasi 1 menit 19 detik, tampak penampilan Didik yang biasa saja, lalu sambil mengikuti irama lagu berubah menjadi seram dan berubah menjadi beberapa karakter.  

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Lathi versi Didik Nini Thowok terinspirasi banyak hak sejak pemahaman yang keliru seperti Lagu Mocopat Lingsir Wengi katanya untuk mengundang Kuntilanak (goblok permanen sayang .....) belajar, sempat dikatakan Lathi pemuja setan hadehhhhhhh Gusti Nyuwun Kawelasan mbok ya belajar belajar dan belajar kalau belum tahu bahasa Jawa ya belajar supaya tidak gagal faham ..... yuk sayang kita jadi Generasi Milenial yang Smart dan BERBUDAYA .... ingat budaya merupakan Identitas sebuah bangsa besar. .... kebetulan eyang juga belajar sedikit budaya Jepang jadi ada persamaan filosofi tentang Simbol Kemarahan Wanita ... baca Topeng Hannya dan Tsunokakushi di Google .... Matur nuwun , terima kasih, Kamsia, Matur suksme, Sukria, Arigatou, Kamsahamida, dst dst @weird.genius @ekagustiwana @ybrap #dance #tari #traditionalart #traditionaldance #traditionaldancer #mua #makeupartist #kontemporer #contemporaryartist

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dance Maestro (@didikninithowok) pada

 

Ia juga tampak menari saat masuk dalam irama musik Jawa yang diiringi gamelan.  

Aksi Didik tersebut lantas diunggah kembali oleh akun Twitter @andicahyo_.  "Nek iki tetep wangun. Didik Ninik Thowok cover dance Lathi," tulis keterangan akun @andicahyo_.  

Tak butuh waktu lama, unggahan tersebut lantas membuat tagar #DidikNiniThowok menjadi trending Twitter.  Hingga kini sudah ada lebih dari lima ribu cuitan tentang video tersebut.  

Melihat aksi Didik tersebut, tak heran jika banyak warganet yang memberikan pujian kepadanya.

@rezawiraisyi: "Wah klo udah legend yg cover mah mundur semua penghuni tiktok."

Baca Juga : Terus Dikenang, Lagu Cover Ciptaan Didi Kempot Trending YouTube

@ajengelia: "Wah ini sih masternya nongol, yg nonton juga kicep nontonnya.Juara memang maestro menari tradisional yang satu ini."

@IntanHartanti: "duhhhh kalau udah Eyang Didik Ninik Thowok yang tampil, ga bisa bilang apa apa, keren banget sih, terkesima aku tuu."

 

 

Sebelumnya lagu Lathi ini sempat menimbulkan polemik dinilai sebagai lagu syirik untuk memanggil makhluk halus dan memuja setan. Namun, isu tersebut langsung dibantah oleh sang penyanyi, Sara Fajira.  

Kebetulan di lirik berbahasa Jawa, Sara sendirilah yang menulisnya.  Ia mengatakan lirik tersebut diambilnya dari pribahasa Jawa berbahasa Jawa kuno.  

Ia lantas menjelaskan bahwa lirik tersebut memiliki hubungan dengan makna Lathi, yaitu menceritakan tentang toxic relationship.  Lagu tersebut menceritakan hubungan isinya ego dan kebohongan, sama-sama cinta, tapi saling menyakiti.