Hati-Hati Jangan Terjebak, Wanita Dijadikan Iblis Alat Menyesatkan Kaum Laki-laki | Probolinggo TIMES

Hati-Hati Jangan Terjebak, Wanita Dijadikan Iblis Alat Menyesatkan Kaum Laki-laki

Jan 29, 2021 09:55
Ilustrasi wanita yang dijadikan alat iblis menyesatkan kaum laki-laki (Ist)
Ilustrasi wanita yang dijadikan alat iblis menyesatkan kaum laki-laki (Ist)

INDONESIATIMES - Harta, tahta dan wanita merupakan godaan berat bagi kaum laki-laki. Apalagi wanita juga dimanfaatkan menjadi alat oleh iblis untuk menyesatkan kaum laki-laki. 

Lalu apa alasan iblis menjadikan wanita sebagai alat menyesatkan manusia? Dan bagaimana gambaran dahsyatnya fitnah dari wanita? Simak kisahnya agar tak sesat dan salah tafsir.

Baca Juga : Tercatat Dalam Al-Quran, ini 3 Janji Allah Kepada Bangsa Yahudi

Allah SWT sebenarnya telah memberitahukan kepada hambanya bahwa sesungguhnya kekuatan setan dalam menyesatkan manusia itu lemah. Hal ini sesuai firman-nya, "Sesungguhnya, tipu daya (godaan) setan itu lemah," (QS An-Nisa : 76).

Dan yang disebutkan godaan yang besar adalah wanita. "Sesungguhnya tipu daya (godaan) kalian wahai para wanita begitu besar," (QS Yusuf : 28).

Lalu mengenai kedua ayat-ayat ini, terdapat keterkaitan. Asy Syaikh Muhammad Al Amin Asy Syinqith dalam kitab Adwaul Bayan Fi Idhahil Qur'an bil Qur'an memberikan penjelasan bahwa jika kedua ayat tersebut dikaitkan didapati sebuah simpulan. Bahwa tipu daya wanita sesungguhnya lebih dahsyat daripada tipu daya godaan setan.

Para kaum pria pun banyak yang tidak menyadari perangkap ini. Makanya banyak yang hancur di dunia dan di akhirat. Dan tentu saja, hal ini menjadikan peluang emas bagi  setan untuk menjerumuskan anak cucu Adam.

Patutlah Rasullullah SAW memberikan peringatan kepada umatnya mengenai perempuan. "Sesungguhnya wanita itu menghadap ke depan dalam bentuk setan dan ke belakang dalam bentuk setan (pula)," (HR Muslim).

Dalam kitab Al- Jami Li Ahkam  Al Qur'an dijelaskan mengenai hadits ini. Perempuan ketika datang akan dihiasi oleh iblis agar menarik bagi laki-laki. Saat pergi pun begitu. Iblis memperindah bagian belakangnya bagi yang melihatnya.

Lalu bagaimana gambaran dahsyatnya fitnah wanita? 

Kisah Nabi Yusuf AS saat difitnah oleh istri Al Aziz tentu sudah pernah kita dengar. Namun saat itu Allah SWT melindunginya dari perbuatan dosa. Dalam Kitab Siyar A'lam An Nubalaa dijelaskan, bahwa jika setan sudah lelah dan putus asa menggoda manusia untuk melakukan dosa, mereka akan menggunakan godaan wanita.

Bahkan ketika sudah menjadi seorang istri pun, wanita masih bisa memberikan hal yang negatif bagi suaminya. 

Dalam Fiqh Ta'amul Bainaz Zaujain juga dijelaskan bahwa bahaya wanita bukanlah main-main. Dalam kitab tersebut tertulis, "Diantara manusia yang diseret oleh kecintaannya untuk mencari harta yang haram guna memenuhi kecintaannya dan memuaskan syahwatnya. Diantara mereka pun ada yang saling membunuh tetangga dengan sebab ulah istrinya. Maka hendaklah seseorang berhati-hati terhadap fitnah wanita."

Baca Juga : Karena Ini Rasulullah Tinggalkan Abu Bakar As-Shiddiq

Fitnah dan godaan wanita telah ada sejak zaman dahulu dan menimpa kaum Bani Israil. Karena itu, banyak sekali dalil yang memperingatkan manusia untuk menjauhi fitnah ini.

"Sesungguhnya dunia itu begitu manis nan hijau. Dan Allah mempercayakan kalian untuk mengurusinya. Allah ingin melihat bagaimana perbuatan kalian. Karenanya jauhilah fitnah dunia dan jauhilah fitnah wanita, sebab sesungguhnya fitnah pertama kali di kalangan Bani Israil adalah masalah wanita," (HR Muslim).

Banyak sahabat Nabi Muhammad SAW yang juga mengakui kuatnya godaan wanita. Salah satunya adalah Sufyan Ats Tsauri dalam Dzammul Hawa berkata, "Silahkan kau suruh aku menjaga rumah mewah penuh harta melimpah, namun jangan kau suruh aku menjaga wanita yang tidak halal bagiku meskipun berupa budak yang hitam legam,".

Bagi kaum lelaki, tentunya untuk menghindari fitnah ini, tentu jawabannya adlah bertaqwa kepada Allah SWT. Dengan bertaqwa, tentunya laki-laki akan bisa menahan pandangannya dan hasratnya. Hal ini sudah terbukti pada Nabi Yusuf SAW. Dengan bertaqwa kepada Allah SWT, Nabi Yusuf AS terhindar dari fitnah.

"Sesungguhnya, wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf. Dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) tuhannya. Demikianlah agar kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih" (QS Yusuf : 24)

Wanita sendiri, tentunya bisa menjaga diri dan jangan sampai menjerumuskan, suami maupun keluarganya. Walaupun wanita membuka peluang fitnah terbesar, namun Allah SWT juga membuka pintu seluas-luasnya untuk menjadi sesuatu yang berharga. 

Sesuai hadist Rasulullah SAW, "Dia adalah perhiasan dunia, dan sebaik-baik dunia adalah wanita shaleh," (HR Muslim). 

Nah sahabat MalangTIMES yang beriman, itulah tadi kisah mengapa iblis menjadikan wanita sebagai alat kaum laki-laki. Dengan kisah yang dirangkum dari berbagai sumber, salah satunya dari Islam Populer ini, diharapkan bisa diambil  hal-hal positif yang tentunya bisa semakin menguatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Topik
godaan wanita wanita dijadikan alat penggoda setan berita islam Rasulullah SAW

Berita Lainnya