Jangan Ketinggalan, Ini Fadhilah Salat Tarawih di Malam Ke-8 | Probolinggo TIMES

Jangan Ketinggalan, Ini Fadhilah Salat Tarawih di Malam Ke-8

Apr 19, 2021 15:53
Ilustrasi shalat berjama'ah. (Foto: dok. Google)
Ilustrasi shalat berjama'ah. (Foto: dok. Google)

TULUNGAGUNGTIMES - Bagi umat islam, salat tarawih memiliki banyak keutamaan atau fadhilah. Allah akan mengampuni dosa dan memberikan banyak imbalan kepada hambanya yang rajin dan ikhlas menjalankan salat tarawih di setiap malam bulan ramadan. Melewatkan satu malam saja kita akan merasa sangat merugi.

Berdasarkan hadist Ali bin Abi Thalib ra, melaksanakan salat tarawih setiap malam mempunyai fadhilah yang berbeda-beda. Fadhilah melaksanakan tarawih pada malam ke-8 atau nanti malam, Senin (19/04/2021), adalah "Allah memberikan keutamaan pada orang yang beribadah seperti yang Ia berikan pada Nabi Ibrahim Alaihis Salam."

Baca Juga : Eksplor Suasana Malam Hari, Peserta Kompetisi TikTok Piala Wali Kota Suguhkan Kecantikan Malang

Maka dari itu, jangan sampai dilewatkan shalat tarawih pada malam ke-8, jika ingin mendapat fadhilah keutamaan beribadah seperti yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS.

Selain itu, Syekh Taqiyuddin al-Hishni dalam karyanya Kifayatul Akhyar menegaskan, bahwa kesunnahan salat tarawih merupakan kesepakatan seluruh ulama dari berbagai mazhab. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyelisihi konsensus tersebut.

“Adapun salat tarawih, tidak diragukan lagi di dalam kesunnahannya. Kesepakatan ulama telah menjadi kukuh di dalam kesunnahannya, yang demikian dikatakan tidak hanya satu orang. Tidak dianggap pendapat-pendapat yang menyimpang” (Syekh Taqiyuddin al-Hishni, Kifayah al-Akhyar, hal. 89).

Keutamaan salat tarawih juga dijelaskan dalam beberapa hadits, diantaranya hadits Nabi riwayat Imam al-Bukhari, Muslim dan lainnya.

“Barangsiapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau” (HR al-Bukhari, Muslim, dan lainnya).

Baca Juga : Sinopsis Ikatan Cinta RCTI 19 April 2021, Al Perintahkan Angga dan Rendy untuk Bongkar Makam Roy

Pengertian salat tarawih sendiri adalah salat yang dilaksanakan pada malam bulan ramadan setiap harinya atau salat malam atau qiyamul lail yang dilaksanakan pada bulan ramadhan. Hukum salat tarawih adalah sunnah muakad atau sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Selain salat tarawih, masih banyak keistimewaan ramadan yang dapat dirasakan oleh seluruh umat islam termasuk puasa ramadan, tadarus atau membaca Al-qur'an dan ibadah-ibadah lain sesuai yang diperintahkan agama Islam. Untuk itu bulan Ramadan sering disebut sebagai bulan penuh hikmah.

Topik
Salat Tarawih keutamaan salat tarawih salat malam bulan suci Ramadan

Berita Lainnya