Ini Agama Baru yang Muncul di Dunia, di Indonesia Ada Agama Tentatif? | Probolinggo TIMES

Ini Agama Baru yang Muncul di Dunia, di Indonesia Ada Agama Tentatif?

May 14, 2022 12:41
Ilustrasi agama baru yang muncul didunia (freepik)
Ilustrasi agama baru yang muncul didunia (freepik)

JATIMTIMES - Agama, merupakan sebuah kepercayaan yang dianut manusia. Agama merujuk pada ketuhanan atau sesuatu yang bersifat spiritual. 

Dalam ilmu Antropologi, agama didefinisikan sebagai kepercayaan dan pola perilaku yang dimiliki manusia dalam menangani masalah penting dan aspek alam yang tidak dapat dikendalikan oleh teknologi maupun organisasi sosial.

Baca Juga : Pergoki Siswinya Bawa Alat Make Up, Respon Guru Ini Malah Panen Pujian

 

Di dunia,  muncul beberapa jenis agama  baru di luar yang sudah ada. Agama ini memiliki ajaran ciri yang unik. 

Lantas, seperti apa dan apa saja nama agama baru tersebut? Simak informasinya yang dirangkum dari beberapa sumber.

1. Nuwaubianism

Nuwaubianism merupakan agama yang pertama disebarkan di New York pada tahun 1967. Agama ini disebarkan oleh pria bernama Dwight York.

Konsep dalam agama ini adalah mencampurkan konsep supremasi kulit hitam dan penyembahan orang Mesir terhadap piramida. Bahkan agama ini juga menghubungkan kepercayaan terhadap UFO hingga berbagai konspirasi yang terkait dengan Illuminati serta Bilderbergers.

2. Pana-Wave

Pane Wave merupakan agama yang menggabungkan ajaran  dari ajaran agama Kristen, Buddha, dan ajaran baru. Sekte ini disebut takut dengan kehadiran gelombang elektromagnetik di zaman modern. Menurut mereka, gelombang elektromagnetik membuat perubahan iklim, merusak lingkungan, dan menimbulkan penyakit. Hal ini sebagaimana dilansir dari The Guardian.

3. Rastafarianisme

Rastafarianisme adalah agama yang dikembangkan pada tahun 1930-an di Jamaika oleh Leonard P. Howell.  Rastafari adalah agama yang Afrosentris dan memusatkan perhatiannya pada diaspora Afrika. Pengikut agama ini percaya bahwa kelompok diaspora ini ditindas di masyarakat Barat yang disebut "Babilonia".

Gerakan Rastafari bermula dari masyarakat Afro-Jamaika yang miskin dan tertindas di Jamaika pada dasawarsa 1930-an. Ideologi Afrosentrisnya dianggap sebagai reaksi terhadap budaya penjajahan Britania Raya pada saat itu. Melalui ajaran tersebut, Howell mengkhutbahkan keilahian Haile Selassie yang merupakan Kaisar Ethiopia dari tahun 1930-1974.

4 Googlism

Baca Juga : Gubernur Khofifah Maknai Peringatan Hardiknas 2022 sebagai Momentum Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi

 

Googlism telah terdengar sejak 2019.  Beberapa pihak menganggap bahwa Google bisa mengabulkan segala macam permintaan dan menganggapnya sebagai perwujudan Tuhan.

Orang yang pertama menganut agama ini adalah Matt MacPherson, ppria asal Kanada yang kemudian mendirikan Gereja Google. Mereka bahkan mempunyai Church of Google yang berbentuk digital. Gereja ini sudah bisa diakses melalui http://churchofgoogle.org/.

5. Truselo Wedo

Truselo Wedo merupakan agama dari peramal asal Prrancis Michel Nostradamus. Agama tersebut dijelaskan memiliki 3 perintah dan 3 larangan. Yakni manusia dituntut untuk melakukan perbuatan baik, lurus, dan jujur serta dilarang untuk merugikan orang lain, mencuri, dan berbuat kejahatan.

6. Agama tentatif

Baru-baru ini di  media sosial muncul sebuah istilah baru, yakni "agama tentatif". Istilah tersebut cukup membuat orang banyak memperbincangkannya dan membuat banyak bertanya-tanya serta mencari tahu pengertiannya.

Saking penasarannya, banyak orang juga mencarinya dalam Kamis Besar Bahasa Indonesia. Dalam penjelasan, 
Agama tentatif terdapat dua suku kata, yaitu agama dan tentatif.

Secara singkat, agama tentafif adalah sebutan bagi orang dewasa yang masih bisa mengubah status keagamaan mereka. Disimpulkan, agama tentatif merupakan ajaran/kepercayaan yang bisa berubah sewaktu-waktu atau bersifat sementara. Belum jelas siapa pihak yang memicu dan memunculkan istilah ini. Dan, di Indonesia, adakah agama tentatif ini?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
agama baru Serba serbi agama

Berita Lainnya